Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi Demokrat DPRD Barito Timur Minta Program yang Menyentuh Masyarakat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 November 2021 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Fraksi Partai Demokrat DPRD Barito Timur meminta eksekutif menyusun program dan kegiatan yang benar-benar menyentuh masyarakat untuk menunjukkan kehadiran pemerintah daerah.

Permintaan itu disampaikan dalam rapat paripurna penyampaian pemandangan umum fraksi pendukung dewan atas Nota Keuangan dan Raperda APBD 2022 yang disampaikan Bupati Barito Timur beberapa hari lalu.

"APBD 2022 harus disikapi secara bijak oleh pihak eksekutif, masing-masing OPD harus bisa memilih program dan kegiatan dengan lebih cermat. Program dan kegiatan yang menyentuh masyarakat lebih dipentingkan, ini sebagai bukti kehadiran pemerintah daerah. Program dan kegiatan yang menyangkut perbaikan ekonomi perlu porsi yang sama karena itu sama-sama berhubungan langsung dengan masyarakat," ujar Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat, Raran, Kamis, 11 November 2021.

Dia juga mengingatkan eksekutif akan dampak keseluruhan dari pandemi covid-19 terhadap penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

"Semua stakeholder bertanggung jawab untuk memerangi secara efektif peluang resiko akibat pandemi, belanja operasional khususnya  meliputi belanja pegawai dan belanja gaji, baik ASN maupun non ASN yang bertugas di kecamatan maupun di kabupaten hendaknya dianggarkan secara penuh di dalam APBD murni," pinta Raran.

Dia menambahkan, fasilitasi anggaran terhadap OPD disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah serta harus berimbang antara perencanaan dan penganggaran.

Raran juga mendorong perubahan regulasi untuk peningkatan sumber PAD yang dapat mengantarkan pada kemandirian keuangan daerah, sehingga jika terjadi penurunan dana alokasi umum atau pendapatan transfer maka tidak akan berdampak signifikan terhadap keuangan daerah.

Menurutnya pemerintah daerah harus benar-benar berpedoman pada peraturan pemerintah karena APBD tahun Anggaran 2022 adalah bagian dari komitmen yang harus disinkronkan dengan strategi nasional, regional dan daerah sehingga harus merujuk kepada penguatan poin strategi utama nasional.

"Harapan kami apa yang kami sampaikan bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah sehingga APBD kita nanti benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran baik dalam penyelenggaraan pemerintah daerah maupun pelayanan kepada masyarakat," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru