Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Benarkah Anggapan Kelapa Sawit Rakus Air

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 November 2021 - 08:15 WIB

BORNEONEWS, Tanah Laut - Kampanye negatif dan isu buruk mengenai kelapa sawit kerap berkembang di masyarakat tanpa pembuktian yang konkrit. Salah satu isu lingkungan yang kerap beredar ialah anggapan bahwa kelapa sawit merupakn tanaman yang rakus terhadap pasokan air.

Hal ini dijawab Manager Kebun PT Citra Putra Kebun Asri atau CPKA Jorong Factory, Eko Prianto saat kegiatan kunjungan awak media pada acara Journalist Fellowship and Training Batch II 2021 Wilayah Kalimantan yang diselenggarakan Badan Penghimpun Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada 10-13 November 2021.

"Kalau dibilang sawit ini rakus air, ya dibuktikan saja rakus airnya dimana. Teman-teman wartawan kan bisa lihat sendiri sungai itu. Kanan kiri kita tanami sawit, apakah debit airnya berkurang Kan tidak juga, tetap sama saja. Itu menunjukkan bukti bahwasanya dimana letak kerakusan sawit terhadap air, kan kan begitu. Waktu banjir juga tetap banjir, waktu airnya biasa ya biasa saja," kata Eko kepada awak media kemarin, 11 November 2021.

Menurut Eko, sebenarnya isu-isu seperti ini hanya isu yang dikembangkan untuk menjatuhkan industri sawit Indonesia.

"Isu-isu seperti ini sebenarnya dikembangkan agar bagaimana caranya supaya sawit atau minyak nabati ini supaya terganjal. Ini tidak lebih dari sekadar persaingan bisnis, ini menurut kami lho ya," tegas Eko lagi.

Menurutnya, ini terjadi karena potensi kelapa sawit yang luar biasa jika dibandingkan dengan tanaman lain dalam hal menghasilkan minyak nabati.

"Apalagi dengan sumber energi fosil yang semakin menipis, otomatis penggantinya tentu dari minyak nabati ini yang dihasilkan dari kelapa sawit ini," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru