Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gawat! Laporan Kemunculan Buaya Makin Sering Terjadi di Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 12 November 2021 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Laporan kemunculan buaya di perairan Sungai Mentaya dan anak-anak sungainya makin sering terjadi beberapa hari ini. Setelah Sungai Mentawa di dalam Kota Sampit, kini warga melihat kemunculan buaya di Sungai Sampit sekitar jembatan gantung, Desa Bagendang Hulu, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, dan Sungai Handil Sohor, Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

"Ada 2 laporan yang kami terima. Lokasinya tak jauh dari perairan permukiman,” ucap Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis, 11 November 2021. 

Bahkan dari kedua laporan itu warga sempat mengabadikan keberadaan predator melalui kamera ponsel dan disiarkan di media sosial. 

Berdasarkan pengamatannya, buaya yang direkam warga tersebut berukuran besar. Saat muncul di pinggir sungai buaya-buaya tersebut diduga sedang mencari makan. 

BKSDA mencatat kedua lokasi tersebut memang sudah beberapa kali dilaporkan kemunculan buaya. Di Sungai Handil Sohor, pada tahun 2020 lalu tercatat ada 5 kasus serangan buaya di lokasi tersebut. Sebanyak 2 ekor buaya berhasil diamankan pihak BKSDA, namun diperkirakan masih ada buaya lainnya.

Menanggapi laporan itu ia pun berencana akan melakukan observasi ke lokasi-lokasi tersebut. Pihaknya juga berencana memasang spanduk peringatan agar warga lebih berhati-hati. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru