Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Momen HKN, Ketua DPRD Palangka Raya Dorong Peningkatan Layanan Kesehatan

  • Oleh Hendri
  • 12 November 2021 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendorong pemerintah daerah melakukan berbagai upaya peningkatan layanan kesehatan.

"Pemerintah, organisasi profesi, bahkan masyarakat memiliki semangat cita-cita yang sama untuk pembangunan kesehatan, yakni pelayanan kesehatan yang bermutu. Untuk itu, penguatan layanan kesehatan sangat dibutuhkan," katanya.

Hal itu disampaikan Sigit sebagai bagian semangat dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap 12 November. HKN tahun ini mengangkat tema Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku.

Politisi PDIP itu menyebutkan beberapa hal yang dapat dikakukan untuk peningkatan layanan kesehatan. Misalnya, peningkatan akses yang dilakukan melalui pemenuhan tenaga kesehatan, peningkatan sarana pelayanan primer.

Layanan ini meliputi akses Puskesmas, klinik pratama, dokter praktek mandiri, pemenuhan prasarana pendukung seperti alat kesehatan, obat, dan bahan habis pakai serta inovasi untuk pelayanan di daerah terpencil dan sangat terpencil.

Kedua, peningkatan mutu baik fasilitas penyelenggara layanan, maupun sumber daya  manusia kesehatan di antaranya melalui penyediaan norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK) atau standar prosedur operasional (SPO).

"Ini juga diperlukan peningkatan kemampuan tenaga kesehatan, dokter layanan primer dan akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama serta layanan telemedicine," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru