Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Katingan Makin Parah dan 6 Kecamatan Terendam

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 November 2021 - 14:51 WIB

BORNONEWS, Kasongan - Bencana banjir di wilayah Kabupaten Katingan  sejak dua hari terakhir makin parah. Bahkan hingga Minggu 14 November 2021 sedikitnya 6 wilayah kecamatan di Katingan terdampak banjir.

Bencana banjir di Katingan kali ini sudah ke 4 kalinya terjadi di tahu ini yakni akhir Agustus, awal Setember, awal Oktober dan awal November ini. 

Ke 6 wilayah terdampak banjir itu yakni Katingan Tengah, Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang. 

Selain merendam ribuan rumah penduduk, banjir juga memutus akses jalan darat baik antar kecamatan hingga Jalan Trans Kalimantan arah Kasongan - Sampit.

Pantauan borneonews.co.id di seputaran wilayah Kota Kasongan, debit banjir mengalami kenaikan dibanding hari kemarin. Rata-rata penambahan debit air hingga setengah meter.

Untuk Jalan Trans Kalimantan wilayah Kota Kasongan sejumlah titik terenda banjir hingga hampir satu meter, seperti di Km 1,5. Akibatnya kendaraan roda dua tidak dapat melintasi jalur ini, kecuali jenis trail. 

Pun demikian di Km 1 arah Kasongan - Kereng Pangi, jalan sepanjang sekitar 300 meter terendam dengan arus cukup deras. Akibat Jalan Trans Kalimantan Kasongan - Kereng Pangi terendam banjir tidak jarang pemilik transfortasi sungai atau air seperti kelotok yang mengangkut barang dan orang ketiban rezeki baik yang ada di Kasongan maupun Kereng Pangi. 

Sementara itu menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Katingan, Roby sedikitnya ada 6 kecamatan yang saat ini terdampak banjir akibat luapan Sungai Katingan dan Sungai Samba.  Roby mengaku jika akhir-akhir ini curah hujan di daerahnya tergolong ekstrim. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru