Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar dan Rombongan Kades Belajar ke Desa yang Sukses Kembangkan Tanaman Porang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 13 November 2021 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah bersama rombongan kepala desa (Kades) se Kabupaten Kobar menimba ilmu atau belajar pertanian di Desa Tukang, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat, 12 November 2021 sore.

Pada kesempatan itu, Bupati bersama rombongan belajar mengenai pengembangan tanaman Porang di pusat kegiatan belajar masyarakat Mitra Harapan. Kedatangan rombongan itu diterima secara langsung oleh Kades Tukang, Yudi Prabowo.

Bupati Kobar mengatakan, sektor pertanian dalam arti luas merupakan pengembangan pembangunan skala prioritas. 

"Untuk itulah Pemkab Kobar berupaya mengembangkan sektor pertanian ini dalam rangka percepatan peningkatan perekonomian masyarakat," kata Bupati.

Menurut Bupati, tanaman kelapa sawit memang masih menjadi primadona yang dikembangkan masyarakat di Kabupaten Kobar.

"Untuk itulah, saat ini Pemkab Kobar juga fokus pengembangan tanaman Holtikultura untuk memenuhi kebutuhan pangan, termasuk pengembangan tanaman porang. Memang saat ini di Kabupaten Kobar sudah ada masyarakat yang menanam porang secara mandiri. Bahkan mereka telah membentuk asosiasi petani porang," jelas Bupati.

Bupati melanjutkan, kunjungan belajar ke desa Tukang ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam pengembangan tanaman porang, sekaligus menggali ketertarikan kepala desa, agar mau mengembangkan tanaman ini di desa masing-masing.

"Dengan mengunjungi Desa Tukang ini harapannya, para Kades se Kabupaten Kobar bisa mendengar langsung cara pengembangan tanaman porang hingga bagaimana pemasarannya. Kemudian bila memerlukan bibit kami juga mengetahui dimana memesannya," jelas Bupati.

Menurutnya, tanaman porang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. "Harapannya kedepan komoditi porang dari Kabupaten Kobar mampu menembus pasar ekspor serta memenuhi kebutuhan bibit porang untuk regional Kalimantan," ungkapnya.

Sementara itu, Kades Tukang, Yudi Prabowo yang juga merupakan petani porang mengatakan, terdapat 10 hektar tanaman porang milik warga desanya.

"Jenis tanaman ini mudah dikembangkan dan bisa sebagai tanaman selang dengan jenis tanaman lainnya. Kemudian komoditas tanaman Porang, saat ini paaarannya sangat menjanjikan. Karena tanaman ini merupakan bahan baku kosmetik dan obat," jelas Yudi Prabowo. 

Berita Terbaru