Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Kelompok Wanita Tani Mampu Penuhi Ekonomi Keluarga

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 November 2021 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Awalnya kelompok wanita tani (KWT) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dibentuk untuk membantu ketahanan pangan keluarga. Dengan berjalannya waktu ternyata dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Bupati Kobar, Nurhidayah menyampaikan KWT dibentuk melalui Dinas Ketahanan Pangan(DKP) untuk ketahanan pangan keluarga ditengah gempuran pandemi Covid-19 serta mendukung program unggulan Kobar yaitu sektor pertanian dalam arti luas.

"Alhmdulillah kita mampu melalui pandemi Covid-19 dan ketahanan pangan keluarga berjalan dengan baik. Jadi keberadaan KWT ternyata tidak hanya membantu kebutuhan pangan keluarga, tetapi juga membantu ekonomi keluarga," katanya.

Bupati menjelaskan beberapa KWT pun kini sudah berjalan sendiri tanpa ada bantuan dana dari luar atau sudah memiliki kas sendiri dengan cara menjual hasil produknya, sehingga dana yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anggota KWT.

Keberadaan KWT juga membuat ibu - ibu tergerak untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayur, sehingga meski hasil panennya sedikit, tapi dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri tanpa harus beli.

"Jadi uang yang seharusnya untuk membeli sayur saat pandemi, dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya, sehingga peran ibu - ibu dapat membantu meringankan suaminya," imbuhnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru