Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebulan Terakhir Populasi Ular di Sampit dan Sekitarnya Meningkat

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 14 November 2021 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Snake rescue atau penyelamat ular mengamati populasi ular di Sampit, Kotawaringin Timur meningkat dalam kurun waktu sebulan terakhir. Apalagi memasuki musim hujan ini jumlahnya diperkirakan tak terkendali.

"Agustus ke September populasi ular meningkat. Bayangkan saja seekor ular dapat bertelur 10 hingga 20 butir, itu yang kita ketahui bagaimana dengan ular-ular yang berkeliaran bebas di sekitaran Sampit," ujar Hari, Minggu 14 November 2021.

Hal ini diamati Hari setelah beberapa ekor ular yang ia selamatkan bertelur di penampungan sementara, sehingga dalam waktu cepat jumlah ular juga terus bertambah.

Ditambahkannya ini tak hanya terjadi pada jenis ular piton atau sanca saja namun juga ular-ular lain yang banyak bermunculan saat banjir melanda permukiman penduduk. 

Musim hujan merupakan waktunya ular-ular bertelur, sedangkan musim kemarau merupakan momentumnya ular kawin. 

Sebab itu jangan heran bila masyarakat yang terdampak banjir maupun yang tidak banyak menjumpai anak ular. Namun tak perlu khawatir biasanya setelah bertelur induk ular akan meninggalkan anak-anaknya. 

"Sebab itu saat musim hujan ular akan mencari tempat yang lebih kering setidaknya yang lembab. Karena pada dasarnya tidak ada ular yang suka berendam," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru