Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Kembali Menda, Begini Kata Kepala Dinas Sosial Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 November 2021 - 20:30 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Bencana banjir sejak tiga hari terakhir kembali melanda sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan akibat luapan Sungai Katingan dan Sungai Samba. 

Meluapnya sungai itu karena curah hujan sejak dua pekan terakhir di Kabupaten Katingan tinggi. 

Banjir yang terjadi di Katingan ini sudah kali keempat pada tahun 2021ini sejak bulan Agustus dan September serta awal Oktober lalu. 

Banjir kali ini juga menyebabkan aktivitas warga terdampak banjir lumpuh.  Paslanya ribuan rumah penduduk di beberapa kecamatan terendam banjir,  pun demikian akses jalur darat juga ada beberpa yang putus terutama yang menghubungkan antar kecamatan.

Bahkan ruas Jalan Trans Kalimantan antara Kasongan - Kereng Pangi sempat putus karena ada gorong-gorong yang amblas karena diterjang banjir.  

Akibat bencana banjir ini menyebabkan tidak jarang masyarakat di sejumlah wilayah yang kesulitan memasak nasi.  Sebab rumah mereka terendam. 

Terkait ini,  Kepala Dinas Sosial Kabuaten Katingan, Elmon Sianturi, Minggu,  14 November 2021 mengatakan jika pihaknya bersama organisasi perangkat daerah atau OPD lainnya telah melakukan fasilitasi terhadap terhadap masyarakat yang ingin mendapatkan tempat untuk mengungsi sementara.

"Sdangkan untuk dapur umum akan diputuskan kemudian, dan Pemerintah Kabupaten Katingan berharap untuk sementara dapur umum dapat ditangani secara mandiri," harap Kepala Dinas Sosial Katingan,  Elmon Sianturi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru