Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

17 Kelurahan di Palangka Raya Dilanda Banjir, 9.907 Orang Terdampak

  • Oleh Hendri
  • 15 November 2021 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya mencatat 9.907 orang terdampak banjir yang saat ini sudah melanda 17 kelurahan.

Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, mengatakan banjir ini terjadi karena sungai yang berada di sekitar permukiman warga meluap.

"Hasil pantauan kami di lapangan dalam beberapa hari ini debit air selalu ada kenaikan setinggi 30 centimeter. Sudah ada 17 kelurahan yang terdampak banjir," katanya, Senin 15 November 2021.

Emi kemudian menjabarkan ke 9.907 orang yang terkena dampak banjir tersebar di 17 kelurahan dan di antaranya Tangkiling, Banturung, Sei Gohong, Tumbang Tahai, Tumbang Rungan, dan Pahandut Seberang.

Kelurahan lainnya termasuk Pahandut, Danau Tundai, Kameloh Baru, Bereng Bengkel, Kalampangan, Tanjung Pinang, Langkai, Palangka, Bukit Tunggal, Petuk Katimpun, dan Marang.

Emi mengatakan bahwa sejumlah lokasi yang terendam banjir ini tak dapat dilalui jalur darat. Menurutnya, ruas jalan di Kelurahan Petuk Katimpun saat ini terputus dan masyarakat hanya dapat beraktivitas menggunakan perahu.

"Pada intinya, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan mengutamakan keselamatan ketika kondisi seperti sekarang ini," ujarnya.

Menurut Emi, jumlah daerah yang terkena dampak mungkin akan bertambah. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa sejumlah lokasi masih akan diguyur hujan deras dalam dua pekan ke depan. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru