Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Monumen Pesawat RI-002 Dipugar Personel Lanud Iskandar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 November 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Monumen Palagan Sambi yang berlokasi di Kawasan Bundaran Pancasila Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dipugar oleh personel Lanud Iskandar.

Danlanud Iskandar Letkol Nav Rudy Kurniawan, Selasa, 16 November 2021 mengatakan bahwa Monumen Palagan Sambi ini merupakan kebanggaan TNI Angkatan Udara (AU) yang kini menjadi salah satu icon Kabupaten Kobar.

"Keberadaan monumen Palagan Sambi ini merupaka penghargaan TNI AU kepada masyarakat guna mengenang aksi pasukan payung pertama yang diterjunkan di wilayah kalimantan, yaitu di Desa Sambi, Kecamatan Arut Utara (Aruta)," jelas Danlanud.

Danlanud menjelaskan, pemugaran monumen ini dilakukan untuk menjaga keindahan dan kerapian pesawat sekaligus juga area sekitar monumen.

“Di samping sebagai wujud penghargaan kepada para pendahulu TNI AU, juga sebagai wujud kepedulian untuk menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan rapi,” jelas Danlanud.

Danlanud mengatakan aksi penerjunan penerjunan pertama pasukan payung Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) yang dilakukan 17 Oktober 1947 di Desa Sambi, Kecamatan Aruta, ini menandai Lahirnya pasukan tempur TNI AU.

"Tanggal penerjunan pasukan payung ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Komando Pasukan Gerak Cepat ( Kopasgat ) yang sekarang dikenal sebagai Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU," jelas Danlanud.

Bahkan, lanjut Danlanud, 13 orang pasukan yang diterjunkan pada waktu itu tidak semuanya tentara.

"Asal aggota pasukan payung tersebut beragam, ada anggota yang merupaka Kalimantan, Sulawesi dan Jawa," jelas Danlanud. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru