Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya: Kebutuhan Hidup Korban Banjir Harus Terjamin

  • Oleh Hendri
  • 16 November 2021 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meminta semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) bergerak cepat dalam penanganan banjir terutama untuk menjamin kebutuhan hidup sehari-hari warga terdampak.

"Kita harus bisa memastikan bahwa kebutuhan hidup masyarakat yang masih tinggal di rumah maupun di posko pengungsian bisa terpenuhi. Sehingga kita semua harus bergerak cepat dan saling koordinasi agar penanganannya maksimal," katanya, Selasa 16 November 2021.

Ia mengatakan, banjir menimbulkan kerugian secara material dan non material. Selain mengganggu aktivitas masyarakat juga menimbulkan masalah kesehatan.

Oleh sebab itu banjir ini menjadi perhatian serius bagi seluruh pihak, baik masyarakat maupun pemerintah karena dampak yang ditimbulkannya sangat merugikan para korban.

"Keterbatasan air bersih pasti ditemukan dalam kondisi banjir begini, baik untuk minum atau untuk kebutuhan sehari-hari lainnya. Air isi ulang sangat dibutuhkan untuk air minum dan mandi," ungkapnya.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan kerusakan rumah dan isi barang dalam rumah, bahkan kehilangan barang-barang berharga lainnya. Para korban juga akan sulit untuk bekerja selama banjir terjadi.

Persoalan kesehatan juga harus menjadi perhatian mengingat kekurangan air bersih, dan banyaknya genangan air sudah dipastikan menimbulkan masalah kesehatan. Kondisi ini akan menimbulkan penyebaran wabah penyakit. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru