Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Jalan Trans Kalimantan Poros Tengah Lebih 1 Meter

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 16 November 2021 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sepekan terakhir, intensitas hujan diwilayah Kalimantan Tengah cukup tinggi. Akibatnya, Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan meluap dan merendam Insfratruktur maupun perumahan penduduk yang dekat bantaran sungai.

Salah satunya, banjir merendam ruas Jalan trans Kalimantan poros tengah Palangka Raya - Bukit Rawi tepatnya di Desa Penda Barania Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau.

Informasi terhimpun, Selasa 16 November 2021, di ruas Jalan tersebut sepanjang 1 Kilometer terendam banjir dengan ketinggian debit air lebih 1 meter atau di atas pinggang orang dewasa.

Menyikapi hal tersebut, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, mengimbau kepada seluruh masyarakat maupun pengguna Jalan agar selalu waspada dan siap siaga.  

"Kami (Polri) bersama TNI, BPBD, Dishub, Dinsos, Satpol PP dan Damkar juga sudah menyiapkan posko dan dapur umum. Bilamana sewaktu waktu masyarakat membutuhkan," ucap Eko.

Untuk diketahui lanjut Eko, ruas Jalan tepatnya di Desa Penda Barania sudah ditutup sementara sejak Senin 14 November 2021 untuk kendaraan roda empat maupun enam.

"Kami himbau kepada warga yang hendak melintasi jalur Lintas Kalimantan - Kuala Kurun untuk tidak berpergian jika tidak ada keperluan mendesak," ungkap Eko.

Eko juga mengimbau kepada warga sekitar lokasi banjir agar berhati hati, karena banjir dapat berpotensi mengakibatkan penyakit.

"Selalu jaga kesehatan dan bila ada masalah kesehatan segera laporkan kepada petugas di lokasi. Sehingga petugas dapat memberikan penangangan secara cepat," tutupnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-5)

Berita Terbaru