Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi Kembali Buka PKN 2021

  • Oleh Advertorial
  • 19 November 2021 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Jumat, 19 November 2021 secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021. PKN tahun ini dilaksanakan kembali secara virtual karena pandemi covid-19 belum usai. 

Meskipun demikian tidak menyurutkan para pelaku seni, budaya, artis  untuk menjadi bagian di kegiatan di PKN.  Selain budayawan, aktor film, sutradara, pelaku seni, dan seniman yang tampil, ada pula sederetan musisi band dan penyanyi ternama kegiatan akbar setahun sekali itu. 

Sebut saja group band Slank, Godbless, Fourtwnty, Kikan,Reza Artamevia, Memes, Titi DJ, Intan Soekotjo, Mahalini, Shine of Black, Jason Ranti, Vicky Sianipar, Endah dan Rhesa dan banyak lagi yang tampil di PKN. 

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan berbagai kegiatan telah dipersiapkan di PKN 2021, yang dimulai 19 November hingga 26 November. Kata Hilmar PKN tahun ini mengangkat tema " Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan, khususnya yang berkaitan dengan kehebatan kearifan lokal pada sandang, pangan dan papan. 

"Tiga subtema tersebut diaplikasikan pada program-program yang berupa Kompetisi, Konferensi dan Lokakarya, Pameran, Pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah," tegas Hilmar Farid kepada wartawan. 

Kata Hilmar Farid bahwa PKN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan PKN dari setiap tahunya memberikan terobosan yang menarik, meskipun ditengah-tengah covid-19. " PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari bulan Juli hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai kegiatan dari daerah sudah dipersiapkan, dan masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial kebudayaan,' tegas Hilmar Farid kepada wartawan. 

Harapannya PKN yang  fokus terhadap kearifan lokal sebagai ketahanan budaya bisa menjadikan tayangan edukatif tentang kecerlangan buday Nusantara, begitu juga referensi bagi generasi bangsa, tentang kehebatan keragaman budaya Nusantara, tentunya dengan kemasan berbeda dari tahun sebelumnya.

"Karena di Indonesia saat ini masih dalam kondisi Pandemi COVID-19, maka seluruh produksi sepenuhnya dilakukan secara daring, tanpa mengubah substansi konten dari konsep kuratorial," lanjut Hilmar.

Dalam kegiatan PKN tahun ini telah ditunjuk beberapa dewan kurator dalam PKN 2021, yakni Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan. 

Salain itu PKN melibatkan insan-insan kreatif dalam tayangannya: 

Berita Terbaru