Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Bersama BNPB Gelar Rakor Penanganan Bencana

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 November 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Aula Jayang Tingang, Sabtu, 20 November 2021.

Kepala BNPB, Suharyanto mengatakan, pihaknya datang ke Kalteng sebagai wujud kepedulian pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah.

"Apabila terjadi bencana, di samping daerah melaksanakan tahap penanganan, tentu pemerintah pusat tidak tinggal diam," kata Suharyanto dalam sambutan saat rakor penanganan bencana.

Ia mengaku, secara sekilas mendengar ada beberapa kabupaten dan kota di Kalteng yang terkena dampak fenomena La Nina. Sebuah fenomena alam yang dikendalikan oleh perbedaan suhu muka air laut, antara Samudera Pasifik bagian tengah timur dengan wilayah perairan Indonesia.

"Ini bukan hanya terjadi di Kalteng. Tadi saya dari Sintang, Kalimantan Barat, sama akibat curah hujan yang tinggi," tuturnya.

Menurutnya, selain curah hujan yang tinggi, daya dukung alam untuk menerima air juga sudah tidak mampu, sehingga terjadi banjir.

"Mohon kita sebagai aparat, pemerintah ataupun TNI, Polri yang utama mohon segera turun ke lapangan," pintanya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru