Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Covid-19, Dinkes Kobar Antisipasi Kasus Penyakit DBD

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 November 2021 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain penanganan soal Covid-19 dan vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) juga melakukan upaya antisipasi terjadinya penyakit demam berdarah degue (DBD). Kasus ini berpotensi muncul saat musim penghujan seperti saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kobar, Achmad Rois mengatakan sebenarnya tidak hanya Covid-19 dan soal vaksinasi saja yang diurusi, namun soal keluhan penanganan penyakit lainya juga tetap diperhatikan.

"Jangan sampai Covid-19 diatasi penyakit lain yang muncul di masyarakat terabaikan. Hal ini yang terus coba kita tangani, meski hal ini juga bukan hal mudah, tentu fokus kita pada penanganan penyakit yang muncul di masyarakat," katanya.

Menurutnya memasuki musim hujan yang rawan kembali muncul adalah wabah DBD. Diakui memang bahwa kasus DBD ini bisa muncul kapan saja, karena penyakit ini bisa muncul setiap tahun.

"Untuk di Kobar sendiri kasus ini selalu ada, baik yang ditangani di puskesmas dalam kota maupun yang di luar kota. Maka ancaman wabah DBD juga harus kita antisipasi bersama saat musim hujan seperti saat ini," ujarnya.

Salah satu upaya mengantisipasinya yaitu dengan menjaga lingkungan bersih agar tidak menjadi tempat sarang nyamuk. Maka, masyarakat juga harus rajin menguras bak mandi dan memberikan abate di penampungan air.

"Masyarakat juga bisa meminta abate di puskesmas itu gratis dan minta sesuai dengan kebutuhan," jelasnya.

Pihaknya juga meminta puskesmas agar melakukan penanganan cepat ketika ada kasus DBD. Salah satunya dengan fogging di lokasi yang rawan terjadi penularan DBD.

"Cara itu guna mengantisipasi wabah meluas, karena penyakit DBD ini salah satu yang mematikan," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru