Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPD Golkar Barito Timur Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 November 2021 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dewan Pimpinan Daerah atau DPD Partai Golkar Kabupaten Barito Timur menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan MPR RI bersama Anggota DPR/MPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah, Mukhtarudin di Sekretariat DPD Partai Golkar, Tamiang Layang, Senin, 22 November 2021.

"Empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika adalah tiang penyangga yang kokoh atau sokoguru agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan ancaman," ujar Mukhtarudin  saat menyampaikan materi secara virtual.

Menurutnya, dalam 4 pilar kebangsaan terdapat nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Butir-butir Pancasila, lanjut Mukhtar menjadi karakter masyarakat Indonesia sekaligus menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Pancasila merupakan rujukan, acuan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa. Sedangkan UUD 1945 merupakan landasan konstitusional berbangsa dan bernegara.

"Karakter yang dibangun pada manusia dan bangsa Indonesia dalah karakter yang memperkuat dan memperkukuh komitmen terhadap NKRI. Kemudian Bhinneka Tunggal Ika bertujuan menghargai perbedaan atau keragaman namun tetap bersatu dalam ikatan sebagai bangsa Indonesia," imbuhnya.

Ketua DPD Golkar Barito Timur, H Supriatna saat diwawancarai usai kegiatan menjelaskan, sosialisasi 4 pilar kebangsaan diikuti oleh kader Partai Golkar dan kelompok masyarakat.

"Ini merupakan program dari Anggota DPR RI Bapak Mukhtarudin, jumlah pesertanya 100 orang," kata Supriatna didampingi Staf Ahli DPR RI Fatma Yulianita.

Dia berharap dengan adanya sosialisasi 4 pilar kebangsaan dapat mencegah berbagai ancaman baik dari dalam maupun dari luar. Dengan menerapkan 4 pilar kebangsaan, kehidupan bermasyarakat di Barito Timur akan berjalan dengan baik. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru