Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harapkan Dukcapil Terus Bekerja Keras Lakukan Pemutakhiran Data Penduduk

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 November 2021 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), telah diresmikan. Melalui ADM tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar menjadi pendorong Dukcapil tingkatkan layanan kependudukan.

Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali mengatakan, bahwa keberadaan ADM menjadi peningkatan pelayanan terbaik di Disdukcapil Kobar untuk masyarakat Kotawaringin Barat.

"Semoga dengan adanya ADM ini dukcapil Kobar senantiasa bekerja keras, agar proses pendataan penduduk ini bisa dilakukan dengan baik," kata Rusdi Gozali, usai mengikuti kegiatan peresmian ADM di halaman kantor Dukcapil Kobar, pada Selasa, 23 November 2021.

Lanjutnya, bahwa dengan keberadaan ADM ini juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat terkait pentingnya data kependudukan. Sehingga, masyarakat tidak lagi merasa enggan untuk mengurus dokumen kependudukan.

Ia mengungkapkan, bahwa selama ini masih banyak penduduk yang datang dari luar daerah Kobar ini tidak terdata. Bahkan sudah tinggal di Kobar cukup lama namun, status kependudukannya masih dari daerah asal.

"Maka harapan kita nantinya, bagaimana pemerintah daerah bisa mengkondisikan agar penduduk yang datang dari luar Kobar ini terdata, dan kalau bisa 6 bulan setelah datang sudah harus melakukan perpindahan penduduk dari daerah asal dan mereka menjadi penduduk Kobar," ungkapnya.

Rusdi Gozali mengapresiasi peluncuran ADM ini dan semakin memudahkan masyarakat di dalam pengurusan administrasi kependudukan. Anjungan dukcapil mandiri ini merupakan momentum transformasi pelayanan manual ke sistem pelayanan online.

"Diharapkan mampu mempercepat dan memberikan kemudahan layanan masyarakat khususnya pengurusan dokumen kependudukan," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru