Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Prevalensi Stunting di Sukamara Capai 16,27 Persen

  • Oleh Norhasanah
  • 24 November 2021 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Angka prevalensi stunting di Kabupaten Sukamara saat ini mencapai 16,27 persen, untuk mempercepat penurunan stunting di Bumi Gawi Barinjam semua pihak harus memberikan kontribusi.

"Angka prevalensi stunting diwilayah kita sebesar 16,27 persen, sedangkan target nasional tahun 2024 kurang dari 14 persen," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio saat membuka acara Rembuk Stunting, Rabu 24 November 2021.

Karena angka prevalensi stunting Kabupaten Sukamara masih tinggi dari target nasional, dia meminta lintas sektor untuk terus berupaya menurunkan angka stunting tersebut hingga tahun 2024 mendatang.

"Saya berharap agar semua pihak memberikan kontribusi dan upaya yang maksimal dalam mendukung percepatan penurunan stunting ini sesuai dengan tupoksinya," ucapnya.

Dengan turunnya angka stunting di Kabupaten Sukamara maka dapat membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu bersaing di masa yang akan datang.

"Dalam penanganan penurunan stunting harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus menerus, ini tujuannya untuk memastikan bahwa prevalensi stunting tidak meningkat dan tidak terulang di masa yang akan datang," jelasnya.

Bupati menjelaskan stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang dimulai pada saat masih dalam kandungan.

Sehingga hal ini berpotensi mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak anak, yang juga akan memiliki resiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru