Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Bahasa Daerah Harus Dilestarikan

  • Oleh Hendri
  • 24 November 2021 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Mukarramah mengajak pemerintah dan masyarakat melakukan berbagai upaya pelestarian bahasa daerah.

Hal ini bertujuan untuk menghalau arus globalisasi dan masuknya bahasa asing yang berpotensi menggerus budaya ciri khas bangsa.

Menurutnya, bahasa daerah terancam punah akibat era globalisasi yang mana generasi sekarang ini sudah mulai tertarik untuk mempelajari bahasa-bahasa asing yang dapat dengan mudah diakses melalui internet.

"Tidak ada yang salah dalam mempelajari bahasa asing, sebab bahasa tersebut juga penting untuk kita. Namun bahasa daerah penting untuk dilestarikan karena menjadi cerminan identitas bangsa kita," katanya, Rabu 24 November 2021.

Politisi Nasdem itu menyampaikan ada beberapa cara mencegah kepunahan bahasa daerah. Di antaranya orang tua harus mengajarkan bahasa daerah kepada anak-anaknya untuk berkomunikasi keseharian.

Selain itu pemerintah bisa menerbitkan bacaan atau majalah dengan bahasa daerah setempat. Menggunakan bahasa daerah pada saat di rumah dan menyelenggarakan acara-acara yang dapat melestarikan bahasa daerah, seperti karya tulis, drama, puisi, dan lainnya.

"Tidak kalah pentingnya bahasa daerah harus menjadi bagian dari muatan lokal di sekolah. Karena di sekolah generasi penerus kita punya lebih banyak waktu untuk belajar," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru