Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Pemulihan Ekonomi Daerah, Peran UMKM Perlu Didorong

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 November 2021 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi daerah diperlukan peningkatan peran UMKM.

"Kami dari Bank Indonesia telah melakukan serangkaian upaya, menyelenggarakan dan mengembangkan program-program pemberdayaan UMKM yang dilakukan dalam rangka mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif, berkelanjutan, serta memiliki nilai tambah sekaligus sebagai upaya pengendalian inflasi daerah," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando, Rabu 24 November 2021.

Hal ini disampaikan Rihando dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tahun 2021 digelar pada Rabu, 24 November 2021 di Swissbell Hotel Danum yang juga bisa diikuti melalui zoom meeting.

"Program pemberdayaan UMKM kami lakukan baik dari sisi supply maupun demand. Dari sisi supply, dilakukan melalui pelatihan desain produk, pemasaran digital, pelatihan sertifikasi halal dan kurasi produk," tambahnya.

Sedangkan dari sisi demand dilakukan melalui perluasan pasar, pengiriman contoh produk dalam pameran internasional dan membangun etalase digital belanjakalteng.com yang terintegrasikan dengan kanal pembayaran nontunai terbaru yaitu QRIS, dengan nama.

"Platform digital belanjakalteng.com merupakan wujud nyata sinergi antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang diharapkan dapat menjadi media promosi yang kuat, media pemersatu, mendorong eksistensi produk lokal dan menciptakan permintaan baru bagi UMKM dan Pariwisata Daerah," harapnya.

Untuk itu sebagai upaya untuk mendorong eksistensi UMKM Kalimantan Tengah Go Digital, pada pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan kanvas komitmen bersama dukungan terhadap UMKM go-digital di Kalimantan Tengah melalui belanjakalteng.com. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru