Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

HGN 2021, Tenaga Pendidik Diharapkan Lebih Kuasai Teknologi

  • Oleh Hendri
  • 25 November 2021 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 25 November 2021 mengusung tema Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan. Melalui momentum ini guru atau tenaga pendidik diharapakan lebih menguasai teknologi penunjang pembelajaran.

"Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 2 tahun ini menuntut guru untuk dapat beradaptasi dengan kondisi yang terjadi. Pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu cara agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung. Hal ini perlu peningkatan penguasaan teknologi," kata Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

Menurutnya ada beberapa permasalahan yang muncul dari pembelajaran daring yang sudah dilakukan yaitu tidak efektifnya pembelajaran jarak jauh karena networking atau sinyal.

Guru juga kewalahan karena bertumpuknya tugas administratif terlebih harus berperan ganda dengan pekerjaan rumah. Masalah lainnya, timbulnya kesenjangan karena banyak siswa yang tidak memiliki akses internet atau device yang dibutuhkan.

"Selain itu juga tidak siapnya pengalaman atau pengetahuan para guru dalam pengetahuan teknologi terutama yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran. Sehingga momen HGN ini menjadi semangat belajar terlebih bagi pendidik itu sendiri," ungkapnya.

Terkait kurangnya pengetahuan atau pengalaman teknologi tentunya ini harus menjadi perhatian bersama, baik bagi pemerintah dan para stakeholder di dunia pendidikan.

"Sejalan dengan konsep pembelajar abad 21 mensyaratkan guru untuk bisa fleksibel dalam segala kondisi," pungkas Politisi PDIP itu. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru