Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Bansos Harus Dipastikan Tepat Sasaran

  • Oleh Hendri
  • 26 November 2021 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra meminta pemerintah memastikan bantuan sosial bisa tersalurkan secara tepat sasaran untuk menekan angka kemiskinan akibat bencana.

"Tidak hanya penduduk miskin, tetapi juga pada penduduk yang masuk ke kategori hampir miskin dan rentan miskin," katanya, Jumat 26 November 2021.

Dia menyarankan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari masing-masing daerah perlu dimutakhirkan dalam jangka pendek, mengikuti perkembangan kondisi perekonomian masyarakat daerah setempat.

Selain itu, dalam jangka panjang Beta mengatakan pemerintah juga perlu mendorong penciptaan lapangan kerja yang layak kepada masyarakat selain tetap mempertahankan program yang sudah ada seperti program keluarga harapan (PKH).

"Hal ini bisa dilakukan dengan mendorong sektor prioritas yang dianggap dapat menyerap tenaga kerja yang banyak, serta memberikan upah dan jaminan sosial pekerjaan yang layak," ungkapnya.

Para lurah di tiap kecamatan diinstruksikan agar memasukkan data masyarakat penerima BST di kelurahan masing-masing, tidak boleh ada yang terlewat dan tidak terdata.

"Dinsos, Camat dan Lurah harus memberikan perhatian serius terkait penyaluran dana Bansos Tunai maupun non tunai agar tepat sasaran dan sesuai prosedur yang berlaku," pungkasnya. (HENDRI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru