Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Tingkatkan Maturitas SPIP

  • Oleh Hendri
  • 26 November 2021 - 11:57 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya berupaya meningkatkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Upaya ini dilakukan dengan menggelar Workshop peningkatan Maturitas SPIP bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, menyampaikan penyelenggaraan SPIP wajib  dilaksanakan oleh setiap satuan kerja secara menyeluruh dan menjadi bagian integral yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas.

"Konsep maturitas SPIP sendiri yaitu suatu ukuran untuk mengukur seberapa jauh SPIP itu telah dilakukan atau dilaksanakan. SPIP itu proses yang tidak akan pernah berhenti selama suatu organisasi itu masih berdiri," katanya, Jumat 26 November 2021.

Kerangka maturitas SPIP terpola dalam enam tingkatan yaitu di antaranya kategori belum ada, rintisan, berkembang, terdefinisi, terkelola dan terukur serta optimum. 

Tingkatan dimaksud setara masing-masing dengan level 0 sampai 5. Dalam setiap kegiatan perlu mendokumentasikan dengan baik pada setiap kegiatannya perangkat daerah atau satuan kerja.

Dia mengucapkan terima kasih kepada narasumber dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Terima kasih karena sudah berkenan untuk membagikan ilmu dan pengalamannya terkait dasar hukum serta manfaat pembinaan dan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru