Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Raih SPIP dan APIP Level 3

  • Oleh Hendri
  • 26 November 2021 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya berhasil mencapai Maturitas penyelenggaraan SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil Quality Assurance dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (BPKP) Kalimantan Tengah.

"BPKP Kalteng menetapkan SPIP dan APIP level 3 untuk Palangka Raya dan piagam penghargaan telah diserahkan beberapa waktu lalu," kata Wakil Wali Kota Umi Mastikah, Jumat 26 November 2021

Ia berharap agar ke depan BPKP Kalteng selalu terus memberikan bimbingan dan konsultasi agar dapat mempertahankan prestasi ini.

Pasalnya, penyelenggaraan pemerintahan harus dilaksanakan melalui suatu proses yang akuntabel sehingga tujuan pembangunan dapat dicapai secara efektif dan berkelanjutan.

Upaya pemerintah dalam membangun akuntabilitas dikembangkan melalui upaya-upaya yang terukur melalui dua pilar akuntabilitas  yaitu peningkatan maturitas SPIP dan peningkatan kapabilitas APIP.

Menurutnya, dalam lingkungan strategis pemerintahan saat ini yang sangat dinamis, APIP tidak cukup lagi hanya berperan sebagai pencari kesalahan, namun juga diharapkan mampu memberikan layanan konsultasi.

"Dalam konteks ini, capaian kapabilitas APIP turut berkontribusi pada upaya peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru