Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya: SPIP dan APIP Ciptakan Pemerintahan Bersih dan Melayani

  • Oleh Hendri
  • 26 November 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mampu menciptakan kinerja pemerintahan yang bersih serta melayani.

"Dalam roda pemerintahan dibutuhkan suatu sistem yang dapat memberi metode memadai bahwa penyelenggaraan kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan dapat mencapai tujuan. Jawaban atas tuntutan itu kita hadirkan melalui SPIP dan APIP," katanya, Jumat 26 November 2021.

Untuk penyelenggaraan kegiatan pada suatu instansi pemerintah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban, harus dilaksanakan secara tertib, terkendali, terencana, serta efektif dan efisien.

"Peran ini harus diimplementasikan oleh setiap satuan kerja agar pelayanan publik mencapai puncak indeks kepuasan masyarakat. Artinya langkah-langkah kita harus cepat, tanggap dan tuntas," ujarnya.

Diketahui pemerintah kota berhasil mencapai Maturitas penyelenggaraan SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3. Penilaian tersebut berdasarkan hasil Quality Assurance dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (BPKP) Kalimantan Tengah.

"Ketika Level 3 ini telah dicapai itu berarti ada praktik pengendalian intern yang terdokumentasi dengan baik dan sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru