Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Ajak Masyarakat Ubah Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 November 2021 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan ajakan satgas pusat untuk mengubah pandemi Covid-19 menjadi endemi.

“Satgas Covid 19 Pusat mengatakan dari pandemi menuju situasi endemi, apakah mungkin Jawabannya mungkin!,” sebut Ketua Satgas Sugianto Sabran melalui Kepala Bagian Kehumasan Satgas Agus Siswadi dalam data rilisnya, Jumat, 26 November 2021.

Namun, lanjutnya, perlu kontribusi seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk mewujudkan target tersebut. Beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah membuat penetapan indikator endemi secara luas.

Kemudian, percakupan daerah dilakukan oleh pemerintah dan berkonsultasi dengan pakar, lalu melakukan pemantauan kasus melalui surveilans kasus dan genomik Covid-19 secara konsisten.

Selain itu dengan menekan angka kasus berat dan kematian menjadi angka kesembuhan yang tinggi melalui upaya vaksinasi, perawatan serta pengobatan kasus yang berkualitas.

 

Ditambah lagi menjaga laju penularan tetap dalam kondisi rendah dan terkendali melalui upaya testing dan tracing, penyesuaian aktivitas masyarakat yang aman dan produktif serta mobilitasnya.

“Dengan gotong royong, kita dapat menuju situasi endemi atau kondisi saat kasus Covid-19 masih tetap ada di beberapa wilayah dengan jumlah kasus yang rendah dengan laju penularan yang stagnan,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru