Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Ingin Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik Berkelanjutan

  • Oleh Hendri
  • 27 November 2021 - 16:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin ingin mewujudkan sistem keterbukaan informasi publik secara berkelanjutan. Hal ini sebagai tindak lanjut setelah meraih peringkat satu kategori informatif badan publik di wilayah Kalimantan Tengah.

“Alhamdulillah kita berhasil mendapatkan prestasi paling informatif dalam penyelenggaraan badan publik. Hal ini bukan hanya sebatas pencapaian, tetapi bagaimana membangun sistem keterbukaan informasi publik yang berkelanjutan," katanya, Sabtu 27 November 2021.

Dia mengatakan terwujudnya keterbukaan informasi di seluruh badan publik merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

Oleh sebab itu diharapkan seluruh badan publik harus menunjukkan transparansi dan akuntabilitasnya melalui keterbukaan informasi dan membuka saluran partisipasi bagi masyarakat untuk memberikan suaranya.

Dia menekankan pentingnya penguatan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Penguatan dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi digital sebagai edukasi kepada masyarakat.

"Kami terus berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Salah satu upayanya adalah pembentukan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)," ungkapnya.

Dengan hadirnya SP4N LAPOR diharapkan dapat memberikan akses partisipasi bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, pengaduan dan permintaan informasi terhadap layanan publik secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru