Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cerita Keluarga Tentang Wanita 64 Tahun di Desa Haringen yang Hilang 13 Hari

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 November 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Riniati (64) warga RT 03 Dusun Katambung Desa Haringen Kabupaten Barito Timur yang telah menghilang selama 13 hari, mulai sering menghilang dari rumah sejak setahun terakhir. Demikian diungkapkan oleh Eliani (40), anak kedua Riniati yang tinggal di Desa Tampa sekitar 28 kilometer dari Desa Haringen.

"Mama mulai sering menghilang sekitar setahun yang lalu, dia menghilang dari rumah sudah 8 kali dan kali ini yang ke-9 kali. Selama ini kalau menghilang selalu ditemukan kembali, tapi yang terakhir paling jauh ditemukan di Desa Jaweten (jarak Desa Jaweten sekitar 9 kilometer)," ungkapnya, Sabtu, 27 November 2021 di sela-sela kegiatan pencarian.

Eliani mengakui bahwa ibunya mulai mengalami gangguan psikologis sejak sang ayah meninggal dunia tahun 2008, namun sering menghilang dari rumah baru setahun terakhir.

"Mama sudah 5 tahun tidak boleh mantat (menyadap karet) karena sudah kena stroke ringan, jadi kakak yang jaga, menghilangnya pas kakak ke warung," ungkapnya.

Eliani menjelaskan, sejak hari pertama menghilang, keluarga dan tetangga sudah berupaya mencari namun hingga hari ke-12 belum juga ditemukan sehingga warga meminta bantuan BPBD Damkar, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan relawan.

Meski pencarian yang dilakukan oleh 6 tim gabungan pada hari ini belum membuahkan hasil, Eliani tetap berharap ibunya dapat ditemukan kembali dalam kondisi selamat.

Kalaksa BPBD Damkar Barito Timur Riza Rahmadi, Pabung Kodim 1012 Buntok Mayor Inf Tubagus Abdul Halim sepakat untuk melanjutkan pencarian pada keesokan hari hingga Riniati ditemukan.

"Seluruh tim gabungan tetap berupaya untuk menemukan Riniati meskipun sudah 13 hari menghilang," jelas Riza Rahmadi.

"Mudah-mudahan yang bersangkutan kita temukan masih dalam kondisi hidup karena ketika menghilang terakhir selama 7 hari masih dalam kondisi yang cukup kuat. Besok pencarian akan dilakukan pada area yang lebih luas lagi sesuai dengan tanda-tanda akhir orang tersebut menghilang, mudah-mudahan cuaca mendukung," kata Riza. (BOLE MALO) 

Berita Terbaru