Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkebunan Sawit Rakyat Berkontribusi Besar untuk Pengembangan Industri Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 November 2021 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi atau UKMK dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Helmi Muhansyah mengatakan Perkebunan Sawit Rakyat atau PSR memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pengembangan industri perkebunan kelapa sawit Indonesia.

"Data tutupan kelapa sawit  Nasional tahun 2019 teridentifikasikan sebesar 16,38 Juta hektar, dengan luasan perkebunan sawit rakyat sebesar 41 persen," kata Helmi saat membuka Workshop UKMK Sawit Pembuatan Pupuk Organik, Pembuatan Lidi Sawit dan Batik Sawit.

Program Peremajaan Sawit Rakyat menurutnya merupakan salah satu program strategis Nasional dan rangka meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan lahan tanpa perlu melakukan ekspansi perluasan lahan.

"PSR menjadi wahana untuk peningkatan Sumber Daya Manusia, dan meningkatkan kesejahteraan petani. Selain dari sisi hulu melalui program PSR pemerintah juga terus mendorong hilirisasi produk sawit dan turunannya," katanya lagi.

Untuk menjalankan berbagai program tersebut, lanjutnya, diperlukan suatu kolaborasi dengan seluruh stakeholders sawit. BPDPKS berkolaborasi dengan Asosiasi Sawitku Masa Depanku atau SAMADE dalam kegiatan Workshop UKMK Sawit Asosiasi SAMADE yakni Pembuatan Pupuk Organik, Pembuatan Lidi Sawit dan Batik Sawit, adalah dalam rangka   mewujudkan kemitraan UKMK Sawit.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi SAMADE, Tolen Kataren menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap peningkatan ekonomi Petani Sawit.

"Kegiatan yang dilakukan misalnya pembuatan batik yang berbahan sawit diharapkan dapat diadopsi oleh daerah lain," katanya.

Menghadapi persoalan harga pupuk mahal maka diajarkan pengetahuan tentang pembuatan pupuk alami kepada para peserta. Selain pembuatan pupuk kepada peserta juga diajarkan membatik dan pengolahan lidi sawit.

Tolen mengharapkan keterampilan yang diperoleh para peserta dapat dipraktekan di daerah masing-masing dan diajarkan kepada masyarakat sekitar. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru