Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pesan Kepala Dislutkan Kalteng kepada ASN Pejabat Fungsional dan PNS yang Baru Dilantik

  • Oleh Donny Damara
  • 29 November 2021 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setelah melantik para pejabat fungsional dan PNS lingkup Dislutkan Kalteng, Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah menyampaikan beberapa pesan terkait kinerja.

Pesan yang ia sampaikan itu yakni meminta supaya para pejabat fungsional yang baru dilantik tersebut agar senantiasa selalu meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan selalu berkreasi, berinovasi dalam melaksanakan tugas sehingga dapat menjawab semua tantangan zaman yang semakin berat.

"Saya optimis para pejabat fungsional perencana yang baru ini bisa melakukannya, karena saya melihat sebagian besar masih berusia relatif muda. Sehingga, dapat dengan mudah mengenali perubahan zaman serta mengaplikasikannya bagi masyarakat, baik pada masa sekarang maupun pada masa mendatang," ujarnya, Senin, 29 November 2021.

Selain itu disampaikannya juga bahwa fungsional perencana saat ini harus sebagai Think Tank atau pusat kajian/pemikiran, pelaksana perencanaan teknokratis, analisis kebijakan, menyusun rekomendasi, serta melakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program maupun kegiatan perencanaan pembangunan yang akan menghasilkan rencana kebijakan lingkup makro, sektor dan daerah serta berdampak Nasional dan daerah untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar daerah, antar SKPD bahkan antar level pemerintah.

Dia berharap kepada para pejabat fungsional perencana yang dipercayakan mengemban tugas tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih profesional, penuh tanggung jawab, lebih berdedikasi, dan penuh loyalitas untuk kemajuan perangkat daerah masing-masing serta untuk menuju Kalteng yang semakin Berkah.

Selanjutnya khusus kepada para PNS yang telah diambil sumpah janjinya sebagai PNS, ia juga berharap agar sumpah janji yang telah di ucapkan tidak hanya sekedar ucapan namun harus dapat dijadikan pegangan dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai PNS.

Dijelaskannya pekerjaan sebagai PNS saat ini penuh dengan berbagai tantangan, di tengah pandemi Covid-19 transformasi terjadi sangat cepat. Pemanfaatan teknologi informasi serta inovasi dalam era revolusi industri 4.0 menghadirkan perubahan produk dan layanan baru yang meningkatkan efisiensi.

"Saya berpesan setidaknya ada 5 tantangan PNS saat ini, PNS harus bekerja cepat namun akurat, mampu bekerja secara multitasking, penuh kehati-hatian (rambu dan jalan berliku), menjaga kerahasiaan (hidangan tertutup), dan memberikan pelayanan. Untuk menjawab tantangan tersebut, kepada ASN Pemprov khususnya Dislutkan harus mampu menjalankan dan menghayati Sub Core Value kita yaitu BerAKHLAK dan SUKA IKAN," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru