Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relokasi Masyarakat Bantaran Sungai Perlu Dilaksanakan Secara Bertahap

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 November 2021 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - DPRD Kalimantan Tengah menilai langkah relokasi merupakan langkah tepat yang dapat dilakukan pemerintah daerah.

"Relokasi menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerntah untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan bencana dan memberikan rasa aman bagi masyarakat," tutur Politisi fraksi Nasdem DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pemerintah dapat merelokasi masyarakat di daerah bantaran sungai yang sering dilanda bencana banjir secara bertahap.

Ia berharap jika nanti dilakukan relokasi masyarakat bantaran sungai perlu mendukung, sehingga program bisa berjalan baik dan maksimal.

"Tentunya agar dapat berjalan dengan maksimal, masyarakat pun harus mendukung kebijakan pemerintah tersebut," sebutnya.

Melalui maksimalnya upaya relokasi masyarakat bantaran sungai, ketika curah hujan kembali tinggi, tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban, karena sungai sudah steril.

“Rencanakan usulan ini (relokasi) dengan matang, agar korban dari bencana karena alam tidak terus bertambah. Contohnya, Desa Tumbang Miwan, Gunung Mas yang masyarakatnya sekitar 1.500 jiwa yang berhadap adanya relokasi ketempat yang lebih aman, karena daerahnya rawan tanah longsor,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru