Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS dan Universitas Gadjah Mada Bangun Kemitraan UKMK Berbasis Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2021 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS bersama Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat-Universitas Gadjah Mada menggelar webinar Kemitraan Membangun Sociopreneurship  Usaha Kecil Menengah dan Koperasi atau UKMK Berbasis Sawit secara daring, Selasa 30 November 2021.

Plt Direktur Kemitraan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Edi Wibowo dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi BPDPKS dalam rangka membangun kemitraan UKMK Berbasis Sawit dengan bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada.

"Kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan sociopreneurship UKMK Berbasis Sawit yang pelaksanaan kegiatannya telah dilakukan di Luwu Utara, Sulawesi Utara, Sorong, dan Papua Barat," katanya.

BPDPKS sebagai BLU selain melaksanakan mempromosi, juga menurutnya mempunyai tugas untuk menjalankan kebijakan pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna secara profesional dan akuntabel untuk kepentingan pengembangan sumberdaya manusia, peremajaan, sarana dan prasarana pemenuhan kebutuhan pangan, hilirisasi perkebunan kelapa sawit, serta penelitian dan pemanfaatan bahan bakar nabati.

"Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk menjadi jembatan untuk memanfaatkan hasil riset perguruan tinggi, khususnya UGM, guna diimplementasikan pada UKMK. Harapan kami, melalui kegiatan ini, dapat menambah kebaikan-kebaikan sawit melalui kegiatan penguatan UKMK sawit citra sawit semakin positif," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, drg Ika Dewi Ana mewakili Rektor UGM mengatakan bahwa UGM bersama BPDPKS mencoba untuk menggerakkan UKMK berbasis kelapa sawit.

"Bidang usaha UKMK berbasis kelapa sawit dapat dilakukan dengan memanfaatkan bagian-bagian dari tanaman kelapa sawit untuk dimanfaatkan sebagai barang produksi, baik itu kerajinan anyaman atau barang lain yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru