Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 29 Desa di Barito Selatan Belum Teraliri Listrik PLN

  • Oleh Uriutu
  • 30 November 2021 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Sebanyak 29 desa di Kabupaten Barito Selatan masih belum teraliri listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kasubag ESDM dan lingkungan hidup Bagian Administrasi Perekonomian Setda Barsel, Hugo Y Nathanael mengatakan, masih 29 desa belum teraliri listrik PLN.

Yakni Desa Tampulang dan Tabatan, Kecamatan Jenamas. Kemudian Desa Malitin, Selat Baru, Janggi, Tampijak, Bintang Kurung, Teluk Sampudau dan Danau Harapan di Kecamatan Karau Kuala.

Sementara untuk Kecamatan Dusun Hilir Desa Sungai Jaya,, Mahajandau,, Batilap, Batampang, Dusun Bakota, Dusun Muara Puning, Dusun Pinungku dan Dusun Simpang Telo.

Kecamatan Dusun Utara, Desa Hulu Tampang, Sei Telang,, Majundre, Marawan Baru, Reong, Tarusan, Panarukan, Maruga, Hingan, Danau Bamore, Dusun Batukul, Dusun Mantarem dan Dusun Taratau.

Untuk Kecamatan Dusun Selatan, Desa Muara Ripung,, Madara,, Danau Masura,, Murung Paken, Teluk Mampun dan Dusun Bambaler.

Kecamatan Gunung Bintang Awai yakni Desa Bintang Ara dan Malungai Raya.
“Kita setiap tahun mengusulkan agar setiap desa agar bisa dialiri jaringan listrik PLN,” kata Hugo Y Nathanael, Selasa, 30 November 2021.

Pihaknya berupaya menyampaikan usulan agar kelima desa tersebut nantinya bisa dialiri jaringan listrik, baik dari PLN maupun non PLN. Jumlah desa di Barito Selatan ini yang sudah dialiri listrik dari PLN tercatat sebanyak 66 desa.

Pihaknya tetap mengusulkan desa yang belum tersambung jaringan PLN ini agar bisa tersambung terutama desa yang sudah memiliki akses jalan darat. Sedangkan yang belum ada akses jalan darat menuju ke jalan sentralnya diusulkan PLTS terpusat.

“Tahun ini sedang dibangun jaringan PLN di Desa Malungai Raya sampai Malungai dalam dan di Desa Bintang Ara,” bebernyaa. Sedangkan untuk 2022 rencananya akan dibangun jaringan di Desa Panarukan. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru