Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Sebut Permukiman Warga Kawasan Bantaran DAS Perlu Direlokasi

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Desember 2021 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketika pada musim hujan terlebih dengan itensitas tinggi beberapa daerah di Kalteng khususnya selalu dilanda banjir terutama wilayah yang berada di bantaran DAS.

Banjir pun hampir setiap tahun terjadi, oleh karenannya Legislator Kalteng, Tomy Irawan menyebutkan pemukiman warga yang berada di kawasan bantaran DAS perlu direlokasi untuk meminimalisir dampak yang terjadi akibat bencana tersebut.

"Karena memang sudah seharusnya pemukiman warga ditata ulang kembali. Dampak yang ditimbulkan akibat banjir ini sangat berpengaruh pada kehidupan sosial masyarakat, satu-satunya solusinya yaitu relokasi," ujarnya, Rabu, 1 Desember 2021.

Dia mengatakan pada prosesnya relokasi membutuhkan anggaran yang tidak sedikit karena ada banyak masyarakat yang harus dipindahkan ketempat yang jauh dari banjir. Hal itu memerlukan strategi, perencanaan atau solusi matang agar bisa terwujud.

Relokasi juga tidak bisa dilakukan secara sekaligus, namun dilakukan secara bertahap. Relokasi merupakan perencanaan jangka panjang untuk mengurangi dampak kejadian bencana. Perencanaan jangka pendek bisa dilakukan dengan mengambil langkah penanganan sejak dini di kawasan pemukiman.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada tehadap potensi terjadinya banjir susulan di beberapa daerah khususnya yang bermukim di bantaran DAS, karena saat ini khususnya Kalteng masih berpotensi terjadi hujan.

"Jangan lengah terhadap berbagai potensi bencana, tetap waspada, karena bencana ini tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya. Kepada pemerintah agar melakukan penanganan sejak dini untuk menghindari dampak yang terjadi," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru