Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Utara: Gugus Tugas agar Laksanakan 5 Program GNRM

  • Oleh Ramadani
  • 02 Desember 2021 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sekda Barito Utara Muhlis mengatakan bahwa Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) terdiri dari  5 (lima) program yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Selain itu, ujar Sekda, dasar pelaksanaan gerakan nasional revolusi mental bersumber pada Pancasila sebagai landasan idiil negara dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusional serta Trisakti sebagai landasan konseptual.

“Dalam pelaksanaannya, GNRM didasarkan pada landasan operasional yakni Instruksi Presiden nomor 12 tahun 2016 tentang GNRM dan rencana Pembangunan pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024,” ungkapnya, rabu 1 Desember 2021.

Untuk itu, Sekda mengharapkan, dengan telah dibentuknya gugus tugas GNRM Kabupaten Barito Utara tahun 2020-2023 dapat dilaksanakan 5 (lima) program GNRM yang dituangkan dalam rencana aksi yang akan disusun dengan berpedoman pada ketentuan yang telah ditetapkan.

“Dan untuk pendanaan pelaksanaan GNRM bersumber dari APBN, APBD dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan pada masing-masing SKPD dan Stakeholder terkait,” tuturnya. 

Menurutnya, GNRM ini dapat mengubah perilaku kolektif bangsa secara bersama-sama menuju pikiran, sikap dan perilaku baru melalui gerakan yang melibatkan semua unsur, baik penyelenggara negara (Eksekutif, Legislatif, Yudikatif) baik di pusat maupun di daerah.

“Revolusi mental memiliki kedudukan penting dan berperan sentral dalam pembangunan nasional. Karakter dan sikap mental harus diubah ke arah yang lebih baik dengan dorongan pemerintah dan masyarakat,” ucapnya.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru