Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Gabungan Amankan Remaja Konsumsi Miras di Tribun Grasstrack Watas

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Desember 2021 - 05:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan TNI mengamankan 1 di antara 6 remaja yang sedang menenggak minuman keras di Tribun Grasstrack Watas Desa Jaar Kabupaten Barito Timur, Rabu, 1 Desember 2021.

Lima remaja lainnya kabur menggunakan sepeda motor, petugas pun tidak melakukan upaya pengejaran demi menghindari kecelakaan pada remaja tersebut.

Plt Kasatpol PP Barito Timur, Ari Panan P Lelu mengatakan, penangkapan remaja yang mengkonsumsi miras bermula dari laporan warga pada pukul 17.00 WIB bahwa di sekitar Tugu Gunung Perak banyak remaja berkumpul, dan biasanya mereka melakukan balapan liar ke arah Rusunawa Watas.

"Kemudian patroli Satpol PP dan TNI menuju lokasi tetapi sebagian dari mereka sudah bubar. Beberapa yang masih duduk di lokasi dinasihati supaya tidak melakukan hal-hal negatif seperti konsumsi miras, narkoba, balapan liar dan tawuran," kata Ari Panan.

Remaja yang rata-rata berstatus pelajar itu juga diminta untuk menyampaikan pesan yang sama kepada teman-temannya yang lain agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

"Lalu pada saat itu kami mendapatkan informasi kalau di Tribun Grasstrack Watas sering menjadi tempat  pesta miras. Selain patroli menuju ke lokasi dan menemukan 6 remaja yang sedang minum itu," ungkapnya menjelaskan kronologis penangkapan seorang remaja yang mengkonsumsi miras.

Dari remaja yang tertangkap diperoleh informasi bahwa selain Tribun Grasstrack, lokasi pesta miras lain yaitu pada sebuah rumah tidak jauh dari pekuburan di Watas. Setelah diberikan nasihat, petugas kemudian menyuruhnya pulang ke rumah. Sebotol miras jenis ciu yang belum dikonsumsi juga disita dan dibuang.

Ari Panan meminta peran aktif orang tua untuk mengawasi perilaku dan pergaulan anak-anak untuk yang merupakan generasi penerus keluarga maupun bangsa.

"Kami mohon orang tua agar mengawasi anak-anak yang keluar sekitar pukul 16.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB serta memperhatikan anak-anak saat pulang ke rumah untuk memastikn mereka tidak mengkonsumsi miras," imbau Ari Panan. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru