Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaga Stabilitas Harga Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru 2022

  • Oleh Naco
  • 03 Desember 2021 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Darmawati mengingatkan pemerintah kabupaten menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok untuk menghindari kenaikan yang biasanya terjadi saat akhir tahun seperti sekarang, terutama jelang natal dan tahun baru 2022.

"Kita tidak bisa hanya beralasan bahwa kenaikan harga kebutuhan itu karena hukum pasar. Pemerintah daerah harus turun tangan mengantisipasinya," katanya, Kamis, 2 Desember 2021.

Setidaknya jika ada upaya itu bisa meminimalisasi kenaikan tersebut agar tidak sampai membebani masyarakat Kotim.

Harga kebutuhan pokok sering mengalami kenaikan saat momen-momen hari besar keagamaan, diantaranya saat akhir tahun. Pemicunya biasanya adalah meningkatnya permintaan saat perayaan Natal dan tahun baru.

Pemerintah daerah diharapkan melakukan langkah-langkah untuk mencegah kenaikan harga yang tidak wajar. 

"Kenaikan harga yang terlalu tinggi dipastikan akan membebani masyarakat," ucapnya. Menurut politisi Partai Golkar ini, langkah yang bisa dilakukan pemerintah daerah adalah berkoordinasi dengan agen atau pedagang besar.

Tujuannya untuk memastikan bahwa stok barang agar mencukupi hingga awal tahun, khususnya barang kebutuhan yang tidak murah rusak seperti beras, minyak goreng, gula dan lainnya.

Jika stok cukup, Darmawati yakin kenaikan harga bisa ditekan. Setidaknya jika terjadi kenaikan, persentasenya tidak terlalu tinggi dan tidak sampai membebani masyarakat. (NACO/B-6)

Berita Terbaru