Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Rescue 112 Palangka Raya Evakuasi Sarang Lebah Madu di 13 Lokasi

  • Oleh Hendri
  • 04 Desember 2021 - 11:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Rescue 112 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya mengevakuasi puluhan lebah madu dari 13 lokasi. Evakuasi ini berlangsung dramatis dikarenakan posisi sarang yang jauh dari jangkauan dan sangat tinggi.

"Evakuasi lebah madu di 13 titik kami lakukan sejak jam 4 sore sampai jam 10 malam. Baru selesai di Gedung Serbaguna Tuah Pahoe bersama anggota relawan rescue," kata Kepala DPKP Palangka Raya Gloriana melalui Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan, Sucipto, Sabtu 4 Desember 2021.

Sucipto mengatakan proses evakuasi berlangsung lancar. Meski ada serangan lebah namun menurutnya hal tersebut biasa terjadi dan tidak berakibat fatal. Petugas juga telah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) serta memiliki kemampuan yang telah terlatih.

"Sebenarnya sudah sering menangani kasus evakuasi lebah dari rumah warga, namun baru kali ini yang agak kesulitan lantaran sarangnya sangat tinggi sehingga kami minta bantuan armada Dinas PU bagian penerangan jalan umum agar tangganya bisa kami gunakan," ungkapnya.

Evakuasi sarang lebah biasanya memang dilakukan pada malam hari, karena lebah tidak terlalu agresif saat malam. Evakuasi dilakukan untuk mencegah warga disengat lebah tersebut berdasarkan laporan masyarakat dari layanan Call Emergency 112.

Diketahui layanan Call Center Emergency 112 melayani berbagai kondisi darurat. Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan bisa langsung menghubungi layanan gratis dan bebas pulsa tersebut.

Seperti permintaan ambulance, penanganan kebakaran, laka lantas, kejadian tindak kriminal, penanganan pohon tumbang, penyelamatan hewan maupun terkait kebencanaan dan penanganan kegawatdaruratan lainnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru