Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua II DPRD Barito Timur: Waspadai Demam Berdarah dan Bencana Banjir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Desember 2021 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Ketua II DPRD Barito Timur, Depe mengingatkan masyarakat agar mewaspadai munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD dan bencana banjir pada musim hujan kali ini.

"Tanpa mengabaikan pandemi covid-19 yang belum berakhir, saya rasa masyarakat juga perlu mewaspadai juga munculnya penyakit DBD saat musim hujan karena penularan penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Berikutnya yang perlu diwaspadai peningkatan curah hujan yang dapat menyebabkan bencana banjir," ujar Depe di Tamiang Layang, Sabtu, 4 Desember 2021.

Menurut politisi dari Partai Demokrat ini, saat musim hujan perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD biasanya meningkat akibat banyaknya genangan air.

"Karena itu pola hidup bersih dan sehat dalam masyarakat sangat penting. Lingkungan sekitar rumah yang menyebabkan genangan air seperti saluran yang tersumbat dan sampah harus dibersihkan," imbuhnya.

Depe juga mengingatkan masyarakat di wilayah rawan banjir, agar melakukan upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi banjir demi mencegah kerugian materi maupun korban jiwa.

"Kalau wilayah yang langganan banjir warga dan pemerintah desa setempat harus lebih waspada serta memahami tanda-tanda datangnya banjir sehingga dapat mempersiapkan evakuasi," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Depe juga meminta agar OPD terkait seperti dinas kesehatan, dinas sosial dan BPBD mempersiapkan penanganan bencana jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Koordinasi lintas OPD harus berjalan dengan baik sehingga ketika terjadi bencana masyarakat dapat terlayani dengan maksimal tanpa menunggu masyarakat protes di media sosial dulu," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru