Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sugianto Sabran Pantau Potensi Pertanian dan Perikanan di Barsel dan Bartim

  • Oleh Uriutu
  • 04 Desember 2021 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran memantau potensi pertanian dan perikanan di dua Kabupaten Barito Selatan dan Barito Timur, Jumat 3 Desember 2021.

"Untuk di Kabupaten Barito Timur, kami melihat bendungan yang dibangun di Desa Karau, Kecamatan Dusun Tengah sekaligus melihat ketahanan pangan," katanya.

Sedangkan di Barito Selatan pihaknya melihat potensi perikanan dalam upaya persiapan apabila ibukota negara Indonesia dipindah ke Kalimantan Timur.

Karena kalau ibukota negara tersebut jadi dipindah ke Kalimantan Timur, maka Kalimantan Tengah harus ikut mengambil bagian.

Untuk itu pada kunjungan ini dia membawa dinas terkait termasuk yang membidangi dalam menangani infrastruktur, karena pada 2022 akan dilaksanakan pembangunan infrastruktur jalan provinsi.

"Kita juga pada 2023 akan mengundang Bupati yang wilayahnya berada di DAS Barito ini untuk menyusun perencanaan matang terkait komoditi apa yang perlu kembangkan dan yang perlu ditonjolkan," bebernya.

Dia menyampaikan komoditi yang akan dikembangkan itu nantinya dalam bidang pertanian secara luas seperti pertanian, perikanan, peternakan, palawija dan lainnya.

"Kunjungan ini kita membawa tim dari sejumlah universitas yang ada di Indonesia yang akan melihat prospek jangka pendek, menengah dan jangka panjangnya," jelasnya.

Setelah dihitung baru pihaknya menganggarkan dana untuk pengembangan potensi pertanian secara luas tersebut di kabupaten yang berada di DAS Barito ini.

Sementara Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang telah berkunjung ke daerah ini untuk meninjau beberapa tempat strategis yang nantinya akan dikembangkan.

"Kita berharap agar Barito Selatan menjadi kabupaten yang maju imbas dari IKN di Kalimantan Timur," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru