Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melalui LKBB, Danpos AL Kumai Bangun Disiplin Pelajar dan Ajak Bangkit dari Pandemi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Desember 2021 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pandemi Covid-19 membuat para pelajar hampir di seluruh sekolah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kotawaringin Barat harus melakukan belajar dalam jaringan atau daring hampir dua tahun lamanya, dan baru beberapa bulan terakhir ini diadakan sekolah tatap muka secara terbatas.

Melihat lamanya para pelajar belajar daring, Danpos AL Kumai Letda Rio Kusuma berinsiatif menggelar LKBB-1/2021 antar SLTP/sederajat dan SLTA/sederajat se-Kobar dengan harapan dapat menciptakan pemuda yang disiplin, berprestasi dan memiliki kemampuan serta intelegensi yang tinggi antar pelajar, serta mengajak semangat generasi muda khsusunya pelajar untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

"Kita tahu Peraturan Baris Berbaris (PBB) merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang senantiasa menjunjung tinggi sikap hormat, sopan, disiplin, bertanggung jawab serta berbudi pekerti luhur," kata Rio Kusuma, Sabtu 4 Desember 2021.

Ada 30 tim yang terdiri dari 16 orang terdaftar mengikuti Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB-I/2021), Piala Bergilir, Komandan Pos TNI AL Kumai, tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat, yang diadakan Lapangan Senggora, Kecamatan Kumai pada 4 - 5 Desembar 2021.

"LKBB ini dibuat Piala Bergilir karena direncanakan dilaksanakan rutin setiap tahun, dan juga sudah mendapat dukungan serta rekomendasi dari Pemkab Kobar dan dinas pendidikan," jelasnya.

Lanjutnya, sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai tujuan menghasilkan perubahan pada tingkah laku yang positif dalam diri generasi muda yang sedang menuju arah perkembangan. Menjawab tantangan tersebut, perlu adanya kesempatan untuk mengapresiasikan semua itu dalam bentuk pelaksanaan di lapangan dan salah satunya melalui LKBB ini.

Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut tentunya akan menambah dan mempererat tali silaturahmi antar sekolah, dan rasa nasionalisme yang tinggi di kalangan pelajar, khususnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat yang pada gilirannya pembinaan dan pengembangan bakat merupakan hasil karya bersama dan rasa kebersamaan pelajar.

"LKBB dapat menjadi ajang kreativitas dan keahlian bagi pelajar dalam bidang baris- berbaris, sebagai salah satu sarana untuk menciptakan hubungan yang baik antara sekolah," imbuhnya.

Rio menambahkan tujuan dari LKBB juga untuk emberikan kegiatan yang kreatif, inovatif dan produktif dengan rasa persaudaraan sesama pelajar serta memupuk rasa kesatuan. Kemudian dengan adanya kegiatan lomba antar sekolah ini, diharapkan dapat merealisasikan dan mengembangkan bakat yang sudan dibina oleh sekolah.

"Selain itu untuk mendekatkan pelajar dengan TNI AL yang pada gilirannya nanti, para remaja secara umum dapat lebih mencintai laut sebagai kehidupan masa depan yang penuh tantangan," ujarnya.

Terlaksananya kegiatan dengan menerapkan prokes ketat tersebut, menunjukan bahwa meskipun ditengah pandemi harus tetap produktif dan beraktivitas dengan penuh semangat. Hal itulah salah satu pesan yang ingin disampaikan Danpos AL Kumai Letda Rio Kusuma. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru