Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IPM di Seluruh Kabupaten-Kota di Kalteng Meningkat

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Desember 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seiring dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalteng pada tahun 2021, seluruh kabupaten-kota di provinsi setempat juga mengalami peningkatan IPM.

Kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro mengatakan, setelah mengalami perlambatan pada tahun 2020 lalu karena pandemi Covid-19, peningkatan IPM kabupaten-kota di Kalteng sudah kembali membaik pada tahun ini.

"Hal itu dikarenakan seiring dengan perbaikan kinerja ekonomi yang berpengaruh positif terhadap indikator konsumsi riil per kapita atau yang disesuaikan," kata Eko, Minggu, 5 Desember 2021.

Dia menerangkan, dari sisi perbandingan kabupaten-kota, tidak terjadi perubahan yang signifikan dalam kategori capaian dan peringkat di masing-masing daerah.

Diungkapkannya, urutan IPM terendah masih ditempati oleh Kabupaten Seruyan dengan nilai IPM yakni 67,67, sedangkan urutan teratas masih ditempati oleh Kota Palangka Raya 80,82.

Dengan angka tersebut sekaligus menjadikan Kota Palangka Raya sebagai satu-satunya kabupaten-kota di Kalteng dengan status capaian pembangunan manusia yang sangat tinggi yakni IPM ≥ 80.

Untuk jumlah kabupaten/kota di Kalteng dengan status capaian pembangunan manusia yang tinggi atau dengan nilai 70 ≤ IPM < 80 pada tahun 2021 sebanyak 7 kabupaten.

Kemudian dengan status sedang dengan nilai capaian 60 ≤ IPM < 70 ada 6 kabupaten, serta dengan status rendah IPM < 60 sudah tidak ada lagi. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru