Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi ARKS Berharap Serapan Anggaran Dapat Berjalan Maksimal

  • Oleh Ramadani
  • 05 Desember 2021 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Fraksi Amanat Rakyat Karya Sejahtera (ARKS) DPRD Barito Utara berharap, serapan Anggaran Pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Barito Utara pada 2022 nanti dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Terutama, kata juru bicara fraksi ARKS, Hasrat, yang berkaitan dengan balanja publik seperti hibah serta proyek padat karya. Selain itu, pada proyek yang bersifat mendesak atau urgent untuk publik jangan dswakelolakan.

“Sebelum memenuhi unsur-unsur dan kriteria yang ditentukan secara teknis sebagaimana yang diamanatkan dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa,” terangnya, Minggu, 5 Desember 2021.

Selain itu, pada SKPD lainnya agar daya beli masyarakat yang berkaitan dengan anggaran pemerintah daerah dapat terlaksana. Tentunya, lanjut dia, hal ini juga selaras dengan program pemerintah pusat dalam memulihkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi yang sampai saat ini masih diupayakan untuk mengatasinya.

Hasrat menuturkan, pagu anggaran yang telah ditetapkan pada APBD Kabupaten Barito Utara merupakan kesepakatan bersama antara legislatif dan eksekutif yang dibahas secara seksama melalui beberapa tahapan.

“Tentunya kami berharap ditunjang dengan perencanaan yang matang dan cermat dalam pelaksanaannya nanti,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut dia, pemerintah daerah dapat kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kali berikutnya dan juga selaras dalam program RPJMD Kabupaten Barito Utara.

Dia menambahkan, APBD adalah instrumen yang digunakan negara (daerah) untuk melayani publik dalam mencapai pembangunan. Maka dari itu, APBD harus tetap pro rakyat, bermanfaat, sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru