Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKP Murung Raya Kembali Raih Penghargaan

  • Oleh Trisno
  • 06 Desember 2021 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Murung Raya (Mura) kembali meraih penghargaan sebagai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional dan Perpustakaan Desa Danau Usung terpilih sebagai salah satu perpustakaan desa terbaik tingkat nasional dalam implementasi program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Murung Raya Yulianus mengatakan, penghargaan tersebut diumumkan oleh Perpustakaan Nasional RI dalam kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Nasional tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual tanggal 1-2 desember 2021.

“Ini hasil yang sangat membanggakan untuk kita semua, dimana selama ini sebagai wujud komitmen kita yang telah membina sejumlah perpustakaan sampai perpustakaan desa untuk program perpustakaan berbasis inklusi sosial,” kata Yulianus, Minggu.

Lebih lanjut, Person In Charge (PIC) Kabupaten yang juga sebagai Pustakawan Kabupaten Murung Raya Firmansyah menjelaskan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Murung Raya telah mengikuti Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dari Perputakaan Nasional pada tahun 2019-2020.

Untuk Kalteng yang mendapatkan bantuan dari program tersebut hanya 3 kabupaten, yaitu DPK Kab.Mura, DPK Kab.Barito Timur dan DPK Kab.Gunung Mas. Dari program tersebut, DPK Kab.Mura, mendapatkan bantuan buku-buku yang menarik dan berkualitas sebanyak 700 eksemplar (350 judul), 3 buah komputer, serta 1 buah printer. Selain bantuan berupa peralatan TIK, DPK Kab.Mura juga banyak mendapatkan bantuan bimbingan program dan kegiatan, termasuk Diklat-diklat SPP TIK yang diadakan di Dinas Provinsi.

“Dari situ akhirnya banyak kegiatan yang dilakukan di DPK Mura untuk pengembangan kompetensi dan Sumber Daya Masyarakat (SDM). Diantaranya, Pelatihan Komputer utk Guru dan Pelajar serta masyarakat Umum, Bimbingan Belajar Bahasa Inggris, Pelatihan Kerajinan Tangan, Pelatihan Memasak, Pelatihan Menjahit. Banyak kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk advokasi (kerjasama) dengan Narasumber dan Dinas-dinas terkait. Akhirnya pada kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Tingkat Nasional Tahun 2020 Murung Raya, memperoleh Juara 1 untuk Lomba penulisan cerita Dampak Program Perpustakaan Tingkat Nasional,” kata Firmanyah.

Firmansyah juga menerangkan dari pencapaian tersebut berdampak pada Murung Raya berlanjut memperoleh bantuan Program TPBIS Tahun 2020-2021. Mura memperoleh bantuan untuk Kabupaten dan 5 Perpustakaan Desa di Murung Raya (Jumlah paling banyak yang mendapatkan dibandingkan Kabupaten yang lain) sebuah apresiasi bagi kami. Ketika mendapatkan bantuan Program TPBIS yang kedua (kelanjutan) sampai ke Perpustakaan desa juga mendapatkan bantuan buku-buku sebanyak 700 eksemplar, 3 komputer, 1 printer, 1 server jaringan dan 2 rak buku. Selain itu Perpustakaan Desa juga mendapatkan bantuan bimbingan kegiatan dan Pelatihan serta Bimtek SPP TIK. Hal itu juga akhirnya menjadikan di perpustakaan desa banyak melakukan kegiatan bersama-sama dalam rangka peningkatan SDM masyarakat sesa, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Trs)


TAGS:

Berita Terbaru