Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tambah Kebaikan Sawit, BPDPKS dan IPB Launching Rendang Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Desember 2021 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS berkolaborasi dengan IPB University dalam rangkaian kegiatan kemitraan UKMK Sawit meluncurkan Produk Inovasi Rendang Seasoning Mix Berbahan Krimer Minyak Sawit yang dilaksanakan pada 4 Desember 2021. Kegiatan dilakukan secara hybrid, offline yang diselenggarakan di Hotel Salak The Heritage dan online melalui platform zoom.

Dalam sambutannya, Plt Direktur Kemitraan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Edi Wibowo menyampaikan bahwa BPDPKS bekerjasama dengan IPB University untuk mewujudkan kemitraan UKMK Sawit melalui kegiatan launching produk inovasi rendang seasoning mix berbahan krimer minyak sawit. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat UKMK khususnya untuk memanfaatkan produk turunan sawit dibidang pangan.

Rangkaian kegiatan telah diawali dengan identifikasi dan seleksi UKMK, workshop online penguatan UKMK dibidang pangan dalam rangka mengembangkan dan mengkomersialisasikan produk hilir sawit, workshop offline dan kunjungan lapangan pemanfaatan produk turunan sawit untuk produk seasoning dan launching produk inovasi rendang seasoning mix berbahan krimer minyak sawit.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan citra positif kelapa sawit, perluasan pasar produk turunan kelapa sawit untuk pemanfaatan dibidang pangan, peningkatan pengetahuan UKMK mengenai kelapa sawit dan produk turunannya yang mempunyai nilai strategis dibidang pangan serta peningkatan kolaborasi dan kerjasama UKMK dengan berbagai pihak untuk mendorong investasi dan perluasan produk pasar serta menambah kebaikan-kebaikan sawit bagi masyarakat dunia melalui pemanfaatan produk turunan sawit dibidang pangan.

Sementara itu, Kepala Divisi Teknologi Proses, Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fateta IPB University, Profesor Doktor Erliza Hambali memaparkan materi Pengembangan produk inovasi rendang seasoning mix berbahan krimer minyak sawit, proses pembuatan non diary creamer dan perbedaan penggunaan berbagai jenis minyak dalam produksi non diary creamer serta karakteristik non diary creamer.

"Krimer sawit yang digunakan untuk pengembangan produk Rendang Seasoning Mix dapat mensubstitusi sebagian tepung santan kelapa yang harganya relatif lebih mahal, mempercepat proses memasak rendang, serta dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi UKM untuk mengembangkan beragam produk seasoning lainnya berbahan krimer sawit," jelasnya.

Pada bagian akhir paparan disampaikan video proses produksi produk Inovasi Rendang Seasoning Mix Berbahan Krimer Minyak Sawit.

Hadir dalam Kegiatan Launching Rendang Sawit Wakil Gubernur Sumatera Barat,Audy Joinaldi, Helmi Muhansyah Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS, Ketua Departemen TIN IPB University Prof. Suprihatin, Prof Tun Tedja Irawadi Guru Besar Kimia IPB University. Secara off line hadir Zahakir Haris,Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Bogor Raya Fakhrul Roji, General Manager Hotel Salak The Heritage, Seruni Dinitri, Ketua STP Bogor dan perwakilan UKM Horeka di Bogor. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru