Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Gelar Pagelaran Seni dan Budaya

  • Oleh Uriutu
  • 06 Desember 2021 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan melalui Disporaparbud melaksanakan pagelaran seni budaya di GPU Jaro Pirarahan Buntok, Minggu, 5 Desember 2021 malam.

Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri mengatakan, pergelaran ini diadakan untuk menampilkan kebudayaan lokal dengan berbagai atraksi seni tari dengan kearifan lokal.

Ini juga sebagai persamaan visi dan misi serta sinergisitas program pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan baik di pusat maupun daerah yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.  

Ia menyebut, keanekaragaman budaya yang ada di bumi berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini merupakan warisan yang diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang.

"Oleh sebab itu kita harus tetap melestarikan dan menjaga kebudayaan daerah kita dengan baik," kata Eddy Raya.

Menurutnya, ini juga merupakan kekayaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena kebudayaan bisa tercipta atas latar belakang budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Di satu sisi, lanjut dia, jika dicermati bersama keragaman budaya saat ini cukup banyak berkurang, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di Daerah pedalaman dan pesisir Sungai Barito.

Karena, masyarakat sudah jarang menyaksikan tarian-tarian adat seperti badeder, badewa, bagan'nut dan ritual arak-arakan dalam perkawinan. "Hal itu dikarenakan, kebudayaan dari luar diserap sedemikian rupa sehingga tradisi lama yang dianggap ketinggalan zaman dan mulai dilupakan," tutur dia.

Ia menyampaikan, walau kebudayaan tersebut sudah tidak dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, seharusnya budaya tetap diwariskan melalui berbagai cara untuk tetap menjaga keberadaan dan kelestariannya. Dengan begitu, penerus selanjutnya bisa melestarikan serta mempopulerkannya.

"Kebudayaan bisa diwarisi dipelajari dan disosialisasikan dengan baik ke masyarakat, yang berhubungan langsung dengan kebudayaan tersebut," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru