Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Harapkan PBB-P2 Menjadi Sumber PAD

  • Oleh Norhasanah
  • 07 Desember 2021 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio berharap Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan - Perkotaan (PBB-P2) di Bumi Gawi Barinjam dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Hal yang sangat penting dalam pelaksanaan desentralisasi sebagai wujud otonomi daerah adalah pendapatan keuangan daerah. Dan ini idealnya bersumber dari PAD sebagai sumber pendapatan utama," kata Windu Subagio, Selasa, 7 Desember 2021.

Lanjutnya, salah satu upaya pemerintah dalam memperkuat dan menyempurnakan kebijakan desentralisasi fisikal untuk mendukung tercapainya peningkatan pelayanan publik di daerah adalah dengan dilimpahkannya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan - Perkotaan

"Sehingga kita berharap Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan - Perkotaan bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah yang berpotensi bagi daerah," ujarnya.

Karena pentingnya peranan PBB P2 tersebut bagi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sukamara, sehingga dia meminta agar dilakukannya kesiapan, kerja keras dan profesionalitas aparatur pelayanan PBB P2 dalam pelaksanaannya.

"Selain itu, hal ini juga tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat dalam mensukseskan pelayanan pemungutan dan pembayaran PBB P2 yang telah ditetapkan menjadi pajak daerah," tukasnya.

Dalam mengapresiasi desa yang telah maksimal melakukan pemungutan PBB -P2, Pemkab Sukamara memberikan insentif kepada Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam sebagai juara satu, Desa Sungai Damar Kecamatan Pantai Lunci juara dua dan Desa Laman Baru Kecamatan Permata Kecubung juara tiga. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru