Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Harus Punya Target 1 Desa 1 Komoditas Unggulan

  • Oleh Naco
  • 07 Desember 2021 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Bapemperda DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo menegaskan, Kabupaten Kotim harus punya target tiap desa memiliki 1 komoditas unggulan. Itu disampaikkannya terkait raperda pengembangan produk unggulan daerah.

Menurut Handoyo, salah satu program prioritas pembangunan berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Nomor 4 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026, adalah penguatan ekonomi masyarakat.

Salah satu program pembangunannya yakni pengembangan komoditi unggulan dengan mengarah pada konsep one village one product (satu desa dengan satu produk unggulan).

Artinya, dalam hal ini salah satu target adalah bagaimana seluruh desa di  wilayah Kotawaringin Timur memiliki 1 (satu) komoditi unggulan yang nantinya juga menjadi salah satu dasar menetapkan produk unggulan daerah. 

Pada dasarnya, kata Handoyo, kondisi sektor pengembangan produk unggulan daerah belum maksimal dapat dilakukan, sehingga perlu didorong dalam peningkatannya. 

Beberapa produk unggulan di Kotawaringin Timur  saat ini adalah kelapa sawit, karet, kelapa, rotan, nanas, perikanan dan lain sebagainya. 

Potensi lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur masih belum dimanfaatkan sepenuhnya bagi pengembangan komoditas pertanian.

Untuk dapat mencapai ketepatan pengembangan komoditas pertanian baik pilihan wilayah maupun jenis tanamannya, penataan wilayah pengembangan komoditas  merupakan langkah yang dapat diambil. 

"Penentuan wilayah ini akan memberikan gambaran kawasan mana yang akan dikembangkan dan jenis tanamannya sehingga keterkaitan secara ekonomis dengan kawasan pengembangan lebih jelas," katanya, Selasa, 7 Desember 2021.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka disusunlah suatu bentuk rancangan peraturan daerah ini untuk menjadi pedoman, baik bagi penyelenggara maupun masyarakat dan pihak terkait dalam melaksanakan pengembangan produk unggulan daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur. (NACO/B-7)

Berita Terbaru