Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Apresiasi Layanan Perpustakaan Berbasis Digital di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 07 Desember 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini mengapresiasi layanan perpustakaan berbasis inklusi digital yang telah diluncurkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota setempat.

Ia mendorong sosialisasi perpustakaan ini terus ditingkatkan. Dengan begitu hadirnya layanan literasi berbasis inklusi digital dapat meningkatkan kemampuan literasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

"Kita sejalan dengan program dari pemerintah, kita ingin semangat literasi ini dapat meningkat. Namun, ini memang butuh kerja sama dari semua pihak," katanya, Selasa 7 Desember 2021.

Ia mengatakan, perpustakaan harus terus berbenah agar tetap eksis di tengah masyarakat. Karena itu, transformasi layanan perpustakaan berbasis digital diharapkan mampu mengembangkan informasi menjadi pengetahuan yang bersifat stimulan terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

Dia menambahkan, payung hukum pelaksanaan transformasi perpustakaan ada pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.


Secara eksplisit regulasi itu menjelaskan bahwa masyarakat memiliki hak yang sama untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.

"Transformasi layanan perpustakaan harus dibarengi peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan agar layanan perpustakaan mampu memahami kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Selain menyediakan sumber-sumber bacaan informasi, perpustakaan juga memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan, pelatihan dan keterampilan untuk pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru